Friday, April 15, 2016

Hal hal yang perlu diperhatikan dalam meracik obat tradisional (jamu)



Hal hal yang perlu diperhatikan dalam meracik obat tradisional (jamu)

  1.   Pemilihan bahan


Untuk bahan segar, pilihlah yang tidak rusak dan tidak busuk, terjaga kesegarannya sebaiknya langsung digunakan hari itu juga. Sedangkan untuk bahan yang dikeringkan pilih yang tidak berjamur tidak kotor dan tidak dimakan serangga.

  2.   Air

Air yang digunakan baik untuk mencuci atau merebus harus dalam keadaan bersih, sedang untuk ramuan yang  tidak direbus harus selalu menggunakan air masak yang masih hangat. Air yang sehat adalah air yang tidak berwarna, tidak berbau, tidak berasa dan bening. Air yang kekuningan, berbau  dan mengandung kotoran sebaiknya jangan digunakan.
.    3. Peralatan
Jangan pernah menggunakan peralatan untuk merebus dari bahan yang dapat menimbulkan efek samping seperti yang telah disebutkan diatas.
   4.  Pemakaian
Obat tradisional sebaiknya diminum segera, dan jangan sampai diminum apabila sudah basi atau disimpan lebih dari 12 jam.
   5. Tindakan medis
Apabila dalam jangka waktu tertentu pemakaian obat tradisional yang kita racik belum juga menampakkan hasil seperti yang diharapkan, sebaiknya dibawa ke puskesmas atau rumah sakit, terlebih lagi apabila penyakit yang diderita termasuk kategori penyakit berat.
 

No comments:

Post a Comment

jangan lupa komen y

Comments system